Lowongan Kerja Online & Freelnce Indonesia

Published on

Saya ingat betul di mana pertama kali mengenal Projects.co.id. Waktu itu, sekitar bulan November tahun 2014, saya sedang iseng-iseng mencari informasi pekerjaan penulis lepas di Kaskus, tiba-tiba saya menemukan sebuah thread yang berisi tentang sebuah project penulisan. Thread di sana ternyata bersumber dari sebuah website khusus para freelancer. Sebelumnya saya sudah sempat freelance mendaftar website sejenis lainnya, tapi menurut saya Projects.co.id lebih gampang digunakan. Akhirnya nggak mau buang waktu, saya langsung register.

Setelah register, saya coba-coba scrolling beberapa project. Ternyata banyak project yang cocok untuk saya. Saya pun langsung mencoba apply. Beberapa kali mencoba, ternyata gagal. Saya selalu mendapatkan e-mail dari Projects.co.id yang menyatakan bahwa project tersebut telah diisi oleh worker lain, alias saya ditolak. Tapi akhirnya saya mencoba untuk membuat bid yang menarik untuk calon owner. Baca-baca tips yang disajikan dari Projects.co.id, kemudian mencoba merangkai kata-kata sendiri. Sampai akhirnya 'bid' saya cukup ampuh menarik hati para owner.

Isi bid sih pertama jelas memperkenalkan diri dulu, sebutkan saya siapa, saya ini berprofesi sebagai apa, mempunyai skill apa saja. Baru disambungkan dengan project yang dia minta. Sebisa mungkin sambungkan skill kita dengan project yang owner minta. Bilang kalau kita bisa kasih solusi dengan skill yang kita miliki. Terus jelaskan gimana cara kita menyelesaikan project tersebut. Kalau bisa sih kasih garansi juga, misalnya garansi revisi beberapa kali. Intinya jangan pernah nge-bid asal dengan bunyi, "Saya siap mengerjakan procet ini". Sudah begitu saja, selesai. Tentu saja owner nggak bakalan percaya dengan kita kan? Isi bid kita aja nggak jelas. Saya sempat pasang project dan jadi owner di Projects.co.id. Dan saya sempat agak kesal juga karena banyak banget worker yang menuliskan bid seperti itu hehehe. Tapi perlu diingat bahwa setiap owner memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan saja dengan permintaannya di project yang mereka tulis.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post